Monday, February 25, 2008

1. Apa itu blog?

1. Apa itu blog? (What’s the meaning of blog?)



Mengenal Blog - Bagi yang udah punya blog, tentunya istilah ini tidak asing lagi bagi Anda. Apa sih blog itu? Blog itu sejenis binatang apa tumbuhan sih? Begitu salah seorang rekan saya waktu saya tanya yang dia ketahui tentang blog.
Ok, sekarang mari kita bahas dan samakan dulu persepsi mengenai apa itu blog. Blog yang pada awalnya bernama webblog (baca : blog adalah singkatan dari webblog) secara sederhana dapat diartikan sebagai website pribadi. Bila didefinisikan dari isi (content) yang ada pada blog itu sendiri maka blog dapat diartikan sebagai kumpulan diary, catatan atau artikel dari seseorang dimana artikel terbaru yang di-publish atau dalam istilah lainnya di-posting akan muncul di bagian paling atas.
Jika Anda tidak mau repot atau pusing-pusing untuk mendesain desain website sendiri, maka blog-lah jawabannya. Kenapa? Karena pada blog sudah tersedia template yang bisa Anda gunakan. Mungkin bagi yang masih awam akan nyeletuk: ”Wah mas, mumet aku, template itu apa sih? Nah lho? Anda tidak perlu kecil hati, dulu saya juga begitu (he…he…he).
Baiklah, template adalah desain website yang telah tersedia secara instant pada blog dan bersifat siap pakai, jadi Anda dapat membuat blog tanpa harus menguasai bahasa html, php, MySQL and so on. Sehingga dengan gampang Anda pun bisa memiliki blog sendiri. Tambahan lagi, Anda bisa memiliki blog ini dengan FREE alias GRATIS!

2. Bagaimana cara membuat blog?




Blog yang cukup popular adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yg sudah agak melek teknologi bisa juga membuat account di http://www.wordpress.com dan juga di http://blogsome.com dan masih banyak yang lain. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar (prinsipnya hampir sama dengan pembuatan free account email.

3. Setelah Anda selesai register/sign-up di http://blogger.com, dengan mengisi data dan nama blog Anda (ingat, seperti halnya email, nama tidak boleh sama), Anda sudah dapat mulai memposting/mem-publish apapun yg Anda inginkan di blog Anda: mulai dari artikel bisnis, masalah teknologi, politik, curhat, puisi, cerpen, dari tulisan serius sampai guyonan, bisa fiksi maupun non fiksi.

1. Jika Anda sudah memiliki account email di gmail.com, maka Anda dapat langsung log-in atau sign-in di blogger.com --> new blogger --> silakan masukkan id/usernama plus password gmail Anda. Dan ikuti proses selanjutnya.

2. Namun Jika Anda belum memiliki account email di gmail.com, silahkan Anda buat (register/ sign-up) dulu account Anda di http://gmail.com --> sign-up. Setelah account email gmail Anda miliki, langkah selanjutnya, kunjungi http://blogger.com --> new blogger --> kemudian masukkan id / usernama gmail Anda berikut password dan ikuti proses pembuatan blog selanjutnya.


Next time Posting : Mempromosikan Blog

Dapatkan

FREE ARTIKEL BISNIS

di sini Silakan klik

FREE ARTICLE BUSINESS

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Your Ad Here